Senin, 02 April 2012

Perbedaan Sistem operasi Windows dan Linux


Sistem operasi Windows adalah sistem operasi yang untuk saat ini paling banyak digunakan oleh umat manusia. Selanjutnya disusul oleh sistem operasi Linux dan mungkin urutan selanjutnya yaitu Mac. Hal yang membuat Windows paling banyak digunakan yaitu kemudahan dalam penggunaannya karena banyaknya dukungan terhadap OS ini baik itu berupa software maupun hardware. Mungkin faktor inilah yang membuat Windows banyak dipakai oleh umat manusia
kelebihan windows linuxWindows dikembangkan oleh Microsoft dan terbagi menjadi banyak versi. Mulai dari Windows 95Windows 98, Windows 2000, Windows XP, Windows Vista, Windows 7 dan lain-lain. Versi berikutnya yang sebentar lagi akan rilis yaitu Windows 8. Sedangkan Linux adalah sistem operasi yang bertipe unix dan open source. Terdapat banyak distribusi linux atau disebut distro. Contoh-contoh distro linux yaitu Fedora, Ubuntu, Mandriva, Backtrack, Slackware, Debian, Red Hat, Suse dan lain-lain.

Kelebihan kekurangan Windows dan Linux

Sistem operasi Windows maupun Linux masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.
Keunggulan Windows
  1. Mudah digunakan
  2. Software yang mendukung sistem operasi ini sangat banyak dan komplek
  3. Dukungan dari banyak perangkat keras(hardware)
  4. Proses instalasi software mudah
  5. Tampilan 3D khususnya dalam Games PC
Kekurangan Windows
  1. Pada Windows keluaran terbaru diperlukan spesifikasi perangkat keras high end
  2. Banyak virus, trojan, spyware, dan lain-lain yang siap menyerang OS Windows
  3. Lisensi berbayar
  4. Sistem keamanan lemah
Keunggulan Linux
  1. Gratis
  2. Kebutuhan hardware yang tidak terlalu tinggi
  3. Selalu berkembang
  4. Waktu rilis teratur
Kelemahan
  1. Kurangnya dukungan dari perangkat keras
  2. Dukungan software(aplikasi) masih lebih banyak pada Windows
  3. Akses administrasi terbatas bagi user biasa
Dari kelebihan dan kekurangan pada masing-masing sistem operasi Windows dan Linux di atas tentunya kita dapat memilih nantinya OS mana yang akan digunakan. Tetapi ada jalan tengan apabila ingin mencoba dua-duanya yaitu dengan menginstal dua sistem operasi pada satu komputer. Seperti yang ada pada komputer penulis yang menggunakan dual boot Windwos 7 dan Fedora 15. Dengan dual boot ini nanti dapat menyesuaikan dengan keperlauan yang akan digunakan, misalnya untuk bermain game pc dengan OS Windows 7, sedangkan untuk melakukan aktivitas komputer biasa dengan OS Linux.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar