Sekilas pemutar mp3 Musique ini memang mirip iTunes, ternyata tidak….. pemutar musik keluaran Minitunes ini jauh lebih keren untuk seukuran Aplikasi sesimple dan seringan Musique, yaaah setidaknya begitu menurut saya. Sejauh ini Minitunes sudah mengeluarkan 3 produk andalan yakni Minitube, Musictube dan Musique. Sayangnya hanya dua dari ketiga aplikasi itu yang diGratisin bagi pengguna Linux, parahnya lagi pengguna Windows dan Mac harus membayar untuk menggunakan setiap aplikasi mereka, hahahaaaa lagi-lagi pengguna Linux dimanjain ;) . Tapi tenang gan, tentu saa mereka memberikan layanan “Try It” bagi pengguna Windows dan Mac, bedanya hanya jumlah lagu dalam satu Playlist aja, untuk aplikasi “Try” hanya bisa membuat 10 lagu untuk setiap Playlist-nya.
Kelebihan Musique yang paling menonjol adalah simple, mudah digunakan, hemat RAM, minim opsi, explorer yang keren dan mantap banget. secara otomatis aplikasi ini menyusun semua file musik kita menjadi 3 kelompok, yakni berdasarkan Artists, Albums dan Folders. Fitur “Info” yang sangat memberikan nilai lebih, pada tab Info kita bisa mendapatkan informasi Artists, Albums dan Lirik dari setiap lagu yang sedang dimainkan. silakan liat klik gambar di atas agar lebih jelas.

Tentu saja ada kekurangan pada setiap aplikasi, sejauh ini ketidaknyamanan yang saya rasakan hanya pada kualitas audio-nya. Ya mungkin demi mendukung keringanan dan kemudahan-kemudahan diatas-lah aplikasi pemutar mp3 Musiqque ini tidak menyematkan fitur Equalizer untuk mengotak-atik audio sesuai dengan keinginan penggunanya. Kualitas suara benar-benar disesuaikan dengan file aslinya, ya tentu saja nggak masalah jika file lebih dari Bitrate 160kbps.
Okeh bagi sobat yang menggunakan Linux, Windows dan Mac yang penasaran bisa cari tahu lebih banyak lagi atau download langsung dari situs resminya ini http://flavio.tordini.org/musique. Seperti biasa selalu ada alternatif bagi pengguna Linux (terutama anak cucu Debian), pake sudo-sudoan aja gan biar cepet n nggak repot:
  • sudo add-apt-repository ppa:ferramroberto/minitunes
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install musique
Tetap Semangat, Terus Berkarya dan Selamat Mencoba……
;)