Senin, 20 Februari 2012

Cara Paling Mudah Mount Partisi / Media Di Linux Secara Otomatis

Demi keamanan Sistem Operasi Linux tidak akan membaca partisi NTFS dan FAT secara otomatis sebelum SuperUser yang mengaksesnya terlebih dahulu. Alhasil saat Desktop baru dinyalakan, Wallpaper akan blank, Playlist musik akan kosong, itu dikarenakan partisi tempat penyimpanannya belum di Mount secara manual. Aman sih boleh aja, tapi kalo kira-kira bikin nggak nyaman sebaiknya itu dikecualikan aja deh.
Cara sulit dan repot sih banyak, coba aja searching digugel dengan keyword “Mount Otomatis“, tuh kan banyak banget hasil pencariannya, parahnya lagi semua tutorial tersebut selalu mesti dikerjakan lewat terminal, hahahaaaa lumayan banyak “sudo” yang mesti dipake. Nah karena itulah saya bongkar-bongkar gudang “Software Manager” di Linux Mint Julia tercinta, akhirnya ketemu dengan aplikasi bernama “Mount Manager“.
Untuk mendapatkan aplikasi tidaklah sulit, saya hanya menggunakan keyword “Mount” pada form pencarian di aplikasi “Software Manager” yang biasanya sudah tersedia di Linux MInt, kalo di ubuntu “Ubuntu Software Center“. Dengan keyword tersebut kita akan menemukan banyak aplikasi ber embel2 Mount, tapi coba fokuskan saja mencari aplikasi bernama “Mount Manager”, segera instal jika itu sudah ditemukan.
Cara penggunaanya super sangat mudah jika dibandingkan dengan melalui Terminal, perhatikan, pahami atau contoh saja settingan pada screenshot diatas, lalu klik tab menu “Partition” dan akhiri dengan “Apply”. Oke proses setingan sudah beres, waktunya reboot desktop dan lihat hasilnya, seharunya partisi yang kita pilih sudah termount otomatis tanpa harus mengaksesnya terlebih dahulu
.
Selamat mencoba….. ;)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar